Monday, October 1, 2007

Makanan Kadaluwarsa Masih Marak..........

Menjelang Lebaran, sejumlah makanan dan minuman kadaluwarsa masih bebas dijual para pedagang di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam. Hal ini terungkap dalam razia yang dilakukan Balai Pengawasan Obat dan Makanan Banda Aceh pada Senin (1/10) siang. Makanan tersebut umumnya barang impor yang didatangkan dari Medan, Sumatra Utara.

Sejumlah toko kedapatan masih memajang makanan dan minuman yang sudah tidak layak pakai dan harus dimusnahkan. Petugas juga menemukan makanan dan minuman impor yang tak terdaftar. Bahkan sebagian kemasan sudah rusak. Barang tersebut kemudian disita untuk dimusnahkan. Sisanya diamankan untuk selanjutkan dipulangkan ke produsen atau penyalur di Medan.

Koordinator razia Balai POM Banda Aceh, Eviyanti mengaku kesulitan mengawasi makanan atau minuman yang tidak terdaftar di Indonesia. Apalagi barang tersebut masuk bebas melalui pelabuhan tanpa pemeriksaan Balai POM. Peredaran makanan tak laik pakai kerap terjadi menjelang puasa atau Lebaran karena permintaan yang meningkat.

No comments: